RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2
Mendoyo
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok :
Kesebangunan dan kekongruenan
Alokasi Waktu : 2 jam @ 40 menit
Tujuan
Pembelajaran
|
KD 3
|
KD 4
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.
|
|
IPK 3
|
IPK 4
|
|
3.6.1 Mengidentifikasi dua
benda/bangun kongruen atau tidak, jika diberikan beberapa gambar atau bangun
datar.
|
-
|
|
Materi
Pembelajaran
|
Mengidentifikasi dua benda/bangun
kongruen
|
|
Model:
Saintifik
Produk:
Mengidentifikasi dua benda/bangun
kongruen
Deskripsi:
Peserta didik
secara mandiri mengidentifikasi
dua benda/bangun kongruen
|
Langkah Pembelajaran :
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok yang terdiri dari 4 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan
mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk
merumuskan pertanyaan terkait denganmengidentifikasi dua benda/bangun
kongruen.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok
untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan
informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku
siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok
membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakanmengidentifikasi dua
benda/bangun kongruen.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik
dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk
bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik
di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh
peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing
dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang
apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
Mengomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan
secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait
dengan apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan
tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya.
|
|
Alat, Bahan, Media:
▪ Gambar bangun datar
sebangun atau
kongruen
▪ Buku Pelajaran
▪ Alat tulis dan
kertas
|
||
Asesmen:
▪
Tes tertulis :mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen
|
Mengetahui:
Kepala SMP
Negeri 2 Mendoyo
I KETUT PASEK PUNARBAWA,S.Pd.
NIP. 19671224 198901 1 001
|
|
Mendoyo,
2 Januari
2020
Guru Mata Pelajaran
I KETUT
ERKAMAYA,S.Pd.
NIP. 19631201 198703 1 015
|
Komentar
Posting Komentar