RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Nama Sekolah                        : SMP Negeri 2 Mendoyo
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas/Semester                     : IX/2     
Materi Pokok                          : Kesebangunan dan kekongruenan
Alokasi Waktu                        : 2 jam @ 40 menit 

Tujuan Pembelajaran
KD 3
KD 4
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.
IPK 3
IPK 4
3.6.1 Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen atau tidak, jika diberikan beberapa gambar atau bangun datar.
-
Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen
Model:
Saintifik

Produk:
Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen

Deskripsi:
Peserta didik secara mandiri mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen

Langkah Pembelajaran :
Mengamati
1.  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang
2.  Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen secara umum
Menanya
3.  Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait denganmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
4.  Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.  Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
Mengasosiasi
6.  Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
7.  Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.  Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.  Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
Mengomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakanmengidentifikasi dua benda/bangun kongruen.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Alat, Bahan, Media:
Gambar bangun datar sebangun atau kongruen
▪ Buku Pelajaran
▪ Alat tulis dan kertas
Asesmen:
▪ Tes tertulis :mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen



Mengetahui:
Kepala SMP Negeri 2 Mendoyo



I KETUT PASEK  PUNARBAWA,S.Pd.
NIP. 19671224 198901 1 001


Mendoyo, 2 Januari 2020
Guru Mata Pelajaran



I KETUT ERKAMAYA,S.Pd.
NIP. 19631201 198703 1 015

Komentar

Postingan populer dari blog ini